Don't miss

GLEYONG


gending iki kanggo ngiringi budaling pengantien kakung putri neng ngarep keron ( gapuro ), di barengi karo poro tamu undangan sing mulih neng ngomahi dewe-dewe ....

Ldr GLEYONG

SANTIMULYO



sak durunge acara manten dimulai, pak protokol ( mc ) nyiarake runtutane acara kanggo pahargiyan penganten, wektu nyiarake diiringi nganggo ket santimulyo ...

Sebelum acara dimulai, pembawa acara menyiarkan rentetan acara dalam pesta pengantin, waktu menyiarkan acara tersebut diiringi dengan Ketawang Santimulyo ...

Before the ceremony began, the host broadcasts a series of events in the wedding party, time to broadcast the event accompanied by Ketawang Santimulyo ...


Ketawang SANTIMULYO

SUBOKASTOWO


Subomanggolo wis katon kledang kledang nderekake pinanganten kekalih, lakune gagah wicaksono, ora mokal akeh poro wanito sing kepincot karo deweke. Putri domas cacah sewu sing ayu-ayu di tambah gandek kekembaran sing katon ganteng koyo rono karno, ngeterake lakune pinanganten kekalih.

Subomanggolo sudah tampak untuk mengantarkan pengantin berdua setelah ganti buasana kesatria, putri domas berjumlah seribu dan gandek kembar juga mengantarkan pengantin berdua ke gapura pengantin.

Subomanggolo have looked to take bride and groom after Knight buasana change, the Princess and a thousand pairs of twins gandek Domas also surrendered the bride bride gate.

Ketawang SUBOKASTOWO

LANGEN GITO


Ketawang srinalendro iki digunakake kanggo ngiringi pinanganten ganti busono kasatriyan.

Ketawang Srinalendra ini untuk mengiringi jalannya cara pengantin untuk ganti busana kesatria

This Ketawang Srinalendra to accompany the course to change how the Knight of the bridal fashion


Ketawang LANGENGITO



AYAK-AYAKAN



Gending iki kanggo ngiringi subomanggolo karo gadek lan domas mlebu neng ngarep pinanganten kekeloron.

Gending ini untuk mengiringi subomanggolo, gandek dan domas kedepan tempat duduk pengantin berdua.


Ketawang TIRTOKENCONO

MIJIL WIGARINGTYAS


laras moyo


LADRANG WILUJENG


GENDING KODOK NGOREK



Ketawang KODOK NGOREK

DOWNLOAD

ACARA KIDUNGAN MIDODARENI YEMANTEN



Boyong basuki


Gending Boyong basuki kanggo boyong kembar mayang pas wektu rampung di kidungake. biasane acara kidungan iku wektu malem midodareni sakdurunge acara temu manten dilekasi.
Pancen gayeng temenan acaran midodaren, tonggo-tonggo podo mlumpuk  sinambi ngombe wedang ginasthel karo mangan jenang lot sin aluooote ora njamak... nak tenan lho mas ...

GENDING GENDING KAGEM UPACARA TEMANTEN


Postingan iki khusus njenengan sing durung ngerti gending-gending kanggo iringan manten temu lan kirab. menowo iso dirungokake sinambi leyeh-leyeh karo nyruput kopi tubruke yu lasiyem.
nah sikine langsung wae :

Iringan kanggo getokake manten putri mlebu neng kursi temanten nganggo Ldr SEKARTEJO

Ldr SEKARTEJO


Gending kanggo ngetokake temanten kakung neng ngarep keron ( gapuro manten ) jenenge ldr WILUJENG

ldr WILUJENG


Iringan Kanggo nemokake pengantien kekalih Ket KODOK NGOREK

Ketawang KODOK NGOREK


upacara manten temu wis rampung banjur ibu bapake ngiringake manten neng kursi pengantien kekalih, nganggo iringan Ket LARASMOYO.

Ketawang LARASMOYO


iringan kanggo besan mlebu neng kursi besan di iringi gending tirtokencono

Ketawang TIRTOKENCONO


sak banjure pinangantien kekalih sungkem marang bapak ibu nganggo iringan Ketawang Mijil wigaringtyas

Ketawang MIJIL WIGARINGTYAS


subomanggolo mlebu di iring karo putri domas neng gapuro temanten

AYAK-AYAKAN



Pinangantien kekalih ganti busono kasariyan di iringke subomanggolo karo putri domas

Ketawang LANGENGITO


pinangantien kekalih mlebu maneh neng kursi temanten.

Ketawang SUBOKASTOWO


metune subomanggolo karo putri domas neng asrama pengantien diiringi gending dolanan

LELAGON GELANG KALUNG


Budaling tamu undangan

Ldr GLEYONG


Neng duwur iki mau urutane acara pahargyan penganten, sakjane isih akeh banget urut-urutane, mung manut soko protokol ( MC )
eh.eh.eh. ngantek lali sithik ... urut - urutane acara pahargyan manten kuwi mau kudu enek sing gowo acara, la jenenge sing gowo acara kuwi mau pak PROTOKOL ( dudu Internet Protokol TCP/IP lho ).
Gending kanggo ngiringi protokol kuwi jenenge Ket SANTIMULYO

Ketawang SANTIMULYO

IBU PERTIWI


Dadi anak kudu manut opo sing di perintahke bapak karo ibu, ora wangkal, ora getak genti getak.Ibu sing nglahirke awake dewe mati matian, supayane yen wis gede ben dadi anak sing sholeh, migunani marang agama lan marang negorone dewe. Surga ono ing telapake ibu.

Menjadi anak yang baik itu harus taat kepada perintah orang tua, tidak berani kepadanya. Ibu yang melahirkan kita mati-matian, supaya kelak kita menjadi anak yang sholeh, berguna untuk Agama dan negara kita. Surga ada ditelapak kaki ibu.

Be a good boy must obey the orders of parents, without daring to him. Mothers who gave birth to our hard so that one day we have become a Sholeh, religion and useful for our country. the heaven is under mothers feet


ILIR - ILIR


" Lir ilir tandure wus sumilir, kang ijo royo royo, kanggo temanen anyar.
bocah angon penekno blimbing kuwi, lunyu lunyu penekno kanggo masuh dodod iro "
lagu sing aket mbingek ra isoh dilalekake, neng ati marai kelingan wayah cilik ndekben,dolanan kalen karo golek iwak neng kalen cilik, ngantek lali wayah.
Monggo sami dipun midangetaken ...

" Lir ilir padinya terombang  ambing, yang hijau sangat subur, untuk temanten baru, anak gembala ambilkan buah blimbing itu, licin licin untuk obat lapar ini "
lagu ini tidak mudah untuk dilupakan, membuat hati teringat waktu kecil dulu bermain di pinggir sungai sambil mencari ikan, hingga tidak ingat waktu.
Mari kita dengarkan lagunya ...

"Lir ilir walking blindly rice, green is very fertile, new temanten, shepherds have Blimbing fruit, slippery slippery for drug hunger" this song is not easily forgotten, making the heart remember as a child playing in a river while fishing, so do not remember when. Let us listen to the song ...

PEPELING


lagu pepeling iki mengku pitutur marang kawulo sing urip ing donya iki. awak'e dewe kudu ora nglalek'ake marang gusti ALLAH. awak'e dewe iki urip paribasan mung mampir ngombe, mung sedilit urip neng bumi iki. mengko yen wis tekan titi wancine awak'e dewe ora isoh polah...
monggo sami dipun midangetaken lagu pepeling wonten ngandap meniko,kalih njenengan raosaken ingkang saestu pitutur lagunipun.

Lagu pepeling ini mengandung makna kepada umat manusia yang hidup di dunia ini untuk tidak melupakan TUHAN. Orang hidup itu ibaratnya berhenti sejenak untuk minum air ( ibarat jawa ), dan kalau diperhatikan hanyalah sebentar kita hidup di bumi ini. Kalau sudah tiba saatnya kita tidak dapat mengelak ...
Mari kita dengarkan lagu pepeling ini, silahkan rasakan apa makna dari kandungan syair lagu ini.

Pepeling this song has meaning to people who live in this world not to forget the LORD. It's like people live paused to drink water (like Java), and since we live only for a moment in this world. When it's time we can not run away ... Let us listen to this song pepeling, please feel what the meaning of the contents of this song.

SAMBEL KEMANGI


lagu garapan sragen siji iki pancen guaaaaayeng tenan, marak'ake pingin nyandak slendang gek gage nyeraki penarine tayub, lagu SAMBEL KEMANGI iki lho judule ...
dinggo rungon rungon pas wayah nyambut gawe yo kepenak, soyo maneh pas karo pindonan pas wayah isok weleh...weleh... pak nyus prikitnyus .he.he.he.
cakepane mengku pitutur apik, wong urip kuwi kudu gelem rekoso yen pingin munggah drajate, ora mung thenguk-thenguk karo klepas klepus neng pinggir dalan.
no ngisor iki tak wenehi player di enggo nyetel lagune, mongo sami dipun rahapi ....

lagu kreasi Sragen yang satu ini memang sangat meriah, membuat kita ingin menari dengan penari tayub ketika mendengarkan lagu sambel kemangi ini. apalagi didengarkan sambil bekerja atau waktu makan siang weleh...weleh... pak nyus prikitnyus ...
Syairnya mengandung makna yang baik, orang hidup itu harus bekerja atau berusaha agar menjadi orang yang behasil. tidak hanya duduk di pinggir jalan sambil merokok.
silahkan putar lagunnya

Sragen creation of a single song is very alive, makes us want to dance with the dancers tayub while listening to this song basil sauce. let alone listen to while at work or during lunch weleh weleh ... ... pack nyus prikitnyus ... The poem contains the meaning of good, people live to work or trying to become behasil. not just sit on the sidewalk, smoking. please turn lagunnya

KETHOPRAK



Menurut sejarah kethoprak lahir pada tahun 1887. Pada awalnya Ketoprak hanya berwujud permainan bagi para lelaki didesa sebagai hiburan sambil menabuh “lesung” (alat yang sebenarnya berfungsi sebagai alat/tempat untuk menumbuk gabah/padi supaya menjadi beras) pada saat bulan purnama. Hal ini sering juga disebut sebagai “gejog lesung”
Namun semakin lama ketoprak semakin digemari oleh banyak orang. Dan karena kebiasaan akhirnya ketoprak mampu dijadikan sebagai salah satu budaya masyarakat, dan bisa bersinergi dengan kesenian yang lainnya.

Disebabkan pada awalnya hanya diiringi oleh alat ‘tetabuhan lesung’ ketoprak dulunya juga sering disebut “gejog lesung”. Seiring dengan keadaan berjalan selanjutnya ada tambahan alat musik lainnya seperti kendang, terbang dan suling. Pada tahun 1909 baru dimulai adanya pergelaran ketoprak secara sempurna.

Ketoprak Wreksatama yang diipersembahkan oleh Ki Wisangkara adalah awal pagelaran ketoprak digelar secara resmi didepan umum yang semua pemerannya adalah laki-laki. Cerita yang digelar adalah Warsa – Warsi, Kendana – Gendini, Darma – Darmi, dan lain sebaginya.

Setelah itu semakin lama perkembangan seni ketoprak semakin menarik dan kreatif dengan bermacam cerita juga iringan musik gamelannya sehingga membuat semakin digemari masyarakat. Terutama dilingkunga wilayah Jokjakarta. Dan pada perkembangannya terjadi banyak macam cerita serta diiringi berbagai macam alat musik gamelan juga.

Pergelaran kethoprak dapat dibedakan sebagai berikut:
  • Kothekan Lesung, Ini adalah cikal bakal ketprak yang pada akhirnya mampu menjadi satu pergelaran.
  • Kethoprak Lesung Wiwitan, Awal mula dari tetabuhan lesung yang diiringi oleh tari-tarian sebagai tanda kesenangan bersyukur padaNYA karena telah dilimpahkan panen padi yang berkecukupan. Diselingi juga dengan cerita-cerita rakyat. Awalnya diperankan hanya oleh mereka para petani.
  • Kehtoprak Lesung, Mewujudkan pergelaran lengkap dengan cerita rakyat diiringi gamelan seperti gendang, seruling, rebana dan juga lesung. Inilah cikal bakal lahirnya kethoprak.
  • Kethoprak gamelan, Berawal dari ketoprak Lesung dilengkapi dengan cerita Panji dan mengenakan pakaian ‘Mesiran’ (Baghdad)
  • Kethoprak Gamelan Pendapa, Ceritanya hanya seputar cerita “Babad”. Yang digelar diatas panggung didalam gedung pendapa, yaitu salah satu bangunan Jawa kalau saat ini bisa juga disebut sebagai aula.
  • Kethoprak Panggung, adalah jenis pergelaran terakhir dari Kethoprak. Yang dipertunjukkan diatas panggung dengan cerita campur. Bisa berwujud cerita rakyat, sejarah, babad, bisa juga cerita adaptasi dari manca Negara (Sampek Ingte, Baghdad, Turkey, dll)
Pada saat ini pertunjukan kethoprak sudah dapat dinikmati oleh masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur. Semakin professional dengan pertunjukan yang digelar menggunakan tiket masuk. Dan sebagian mampu menjadi tambahan penghasilan bagi sejumlah pemain dan penabuh gamelan. Tehnik pergelaran cerita dibuat semakin menarik dan creative sesuai kehendak penggemar. Sebagai contoh dapat dilihat dari Kethoprak “Siswa Budaya” dari Tulung Agung yang telah mampu menjadi idola masyarakat pecinta Kethoprak.

Rupa warna cerita dalam kethoprak adalah cerita rakyat, dongeng, babad, legenda, sejarah, dan adaptasi dari cerita Negara lain. Sebagai Contoh adalah karya Shakespeare; pangeran Hamlet Sampek Eng Tay. Juga cerita-cerita buku: Darma-Darmi, Warsa – Warsi, Kendana-Gendini, Abdul Semararupi, Yang tergolong sebagai Cerita MENAK. Sedang Cerita Panji adalah Panji Asmarabangun, Klana Sewandana. Dan masih banyak cerita lainnya lagi, Ande-ande lumut, Angling Darma, Rara Mendut, Damar Wulan, Rangga Lawe, Jaka Bodho…….
Biasanya ceritanya adalah tentang kisah peperangan dan kepahlawanan, kesemuanya itu mengandung pesan tentang kebaikan dan kejujuran yang pada akhirnya nanti akan terkuak kebenarannya.

Mengenai pakaian yang dikenakan para pemeran kethoprak sesuai cerita yang dimainkan. Biasanya mengenakan pakaian adat kebangsaan kerajaan di Jawa. Dan juga ada pakaian yang menyiratkan simbolis sesuai yang diperankannya. Misalnya apabila sedang memerankan orang yang berperilaku adil dan bijak biasanya mengenakan pakaian “Cemeng” (kalem). Orang yang suci biasanya mengenakan pakaian berwarna putih. Pemberani identik dengan pakaian merah. Sedangkan cerita Baghdad mengenakan “Ageman Mesiran” (Pakaian ala Mesir) seperti Sutra misalnya. Pakaian wayang orang juga sering dikenakan dalam memerankan pertunjukan kethoprak, terutama sering dikenakan oleh masyarakat Jawa bagian utara (Pesisir lor). Sebagai contoh adalah cerita Angling Darma, dan juga Minak Jinggo/Damar Wulan.
Ada juga pakaian yang disebut sebagai “Ageman Basahan”, Yaitu pakaian kejawen namun dicampur dan di ,kombinasikan, sepeti batik, beskab, Surban, dan juga Jubah. Ini biasanya pada cerita Menak atau cerita para wali/para ulama Islam didalam Praja.

Yang jadi ciri utama kethoprak adalah: Cerita dengan para Nayaga/Pemain, diiringi oleh tabuhan gamelan, Pakaian sebagai ‘tetenger’ (pertanda) kethoprak yang sedang dimainkan. Dan juga lantunan tembang/lagu yang sekaligus menjadi pengiring adegan baik dialog maupun monolog atau juga sebagai narasi.

Sumber dari njowo multiply.

MAHENDRA



Campursari ringkes ? kolaborasi antara keyboard, kendang ciblon ( jawa ), jaipong & gitar electric, menjadi suatu irama yang unik, enak untuk didengar yang bisa mengendorkan syaraf kita. banyak sekali group2 yang bermunculan, salah satunya adalah MAHENDRA IRAMA. Mengusung tema lagu langgam jawa, kroncong,pop & dangdut, menjadikan suasana segar untuk acara pesta pengantin, syukuran dan acara-acara lainnya.
MAHENDRA IRAMA berdiri sekitar tahun 1999, dipandegani oleh mas teguh ( arranger keyboard ), mahendra irama masih tetap exsis hingga saat ini. dengan beraggotakan 4 pemain, antara lain :
1 . Teguh purwaka : keyboard
2 . Agung dwi nugroho : kendang jawa, jaipong, ketipung dangdut.
3 . Eko setiawan : electrik guitar
4 . Mencho : Kelistrikan
Dengan membawa 3-4 penyanyi, MAHENDRA IRAMA bisa menghangatkan suasana pesta anda, pesta menjadi meriah dengan master of ceremonialnya.
Kami selalu konsekwen dengan pekerjaan kami, dengan jerih payah kami bertahun-tahun sehingga tetap masih dipercaya hingga sampai saat ini, karena anda-andalah yang bisa menilai bagaimana cara kerja kami, tunggu apa lagi,meriahkan suasana pesta anda bersama kami.

lupa lupa ingat


bunga


ayo ngguyu


terkenang kenang


Klinci ucul


dadi ati


impen


ojo cidro


sri huning


Dokumentasi Mahendra Irama


JENGGLENG JOOOS

SANGKURIANG

YEN ING TAWANG ONO LINTANG




<<<  BACK   ---   NEXT  >>>

Dokumentasi Mahendra Irama


TERKENANG-KENANG

KELINCI UCUL

DADI ATI




<<<  BACK   ---   NEXT  >>>

Dokumentasi Mahendra Irama


IMPEN

OJO CIDRO

SRI HUNING





<<<  BACK   ---   NEXT  >>>

Dokumentasi Mahendra Irama


CAPING GUNUNG

ESEMU

AYO NGGUYU



<<<  BACK   ---   NEXT  >>>

SEDIKIT TENTANG MAHENDRA



Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, Puji syukur saya ucapkan kepada ALLAH SWT yang telah memberi berkah dan hidayahNya, sehingga saya masih bisa bernafas hingga sampai sekarang.
Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat, sudah hampir 12 tahun saya menekuni aliran musik campursari. Musik unik Khas Jogja-solo ini di kenal oleh khalayak luas berkat beliau ... Bpk Mantho'us. banyak album yang dikeluarkan oleh beliau, kita ambil contohnya saja lagu nyidam sari & rondo kempling.
Seiring berjalanya waktu, mahendra irama masih tetap eksis hingga sekarang. kolaborasi antara keyboard,kendang,demung,saron dan melody, merubah musik pentatonis dan diatonis tersebut menjadi irama musik yang enak untuk didengarkan.Saya mengakui banyak sekali kekurangan dari group kami, tapi itu menjadikan suatu tantangan bagi kami untuk melangkah tegaaaap ke depan. saya pun menyadari segala kekurangan kami, hanya dengan berbekal pengetahuan musik otodidak dengan beraninya kami ngamen kampung antar kampung, kecamatan antar kecamatan, kabupaten antar kabupaten & propinsi antar propinsi ( koyo bus akas wae yo den... ?? ).
Tapi semua itu bukan menjadikan sebab bagi kami, Musik tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat kita secara turun temurun, dipertahankan sebagai sarana hiburan. Tiga komponen yang saling mempengaruhi di antaranya Seniman, musik itu sendiri dan masyarakat penikmatnya. Sedangkan maksudnya untuk memper-satukan persepsi antara pemikiran seniman dan masyarakat tentang usaha bersama dalam mengembangkan dan melestarikan seni musik tradisional. Menjadikan musik trasidional sebagai perbendaharaan seni di masyarakat sehingga musik tradisional lebih menyentuh pada sektor komersial umum.
Saudara saudari yang saya cintai dan saya banggakan, itulah uneg uneg saya,dari lubuk hati yang paling dalam,pandangan saya sendiri mengenai apa itu aliran musik campursari.

" BENAR KATA ORANG BIJAK !!! ORANG SEDIH DAN BAHAGIA ITU BERJALAN BERIRINGAN. NASIB BAIK BURUK SESEORANG SEPERTINYA MENJADI SURATAN YANG HARUS KITA JALANI DALAM HIDUP INI, KITA HANYA BISA BERUSAHA, KALAU NASIB BERKATA LAIN ...?! "

Matur nuwun ....

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.